Jam saat ini

Facebook Twitter RSS
 

Kamis, 29 Desember 2011

Soal Anggaran


SOAL KOMPUTER ANGGARAN

Soal :
1. Apabila saya seorang menejer saya harus mempertimbangkan 5 hal, Jelaskan!
2. Jelaskan jenis-jenis anggaran!

Jawab :
1. - Siklus
            Saya ditanya mengenai siklus akuntansi ini 2 kali, yang pertama saat ujian komprehensif S 1 dan yang kedua saat ujian wawancara. Jadi siklus akuntansi memang harus dipahami dengan benar. Saya akan mencoba memaparkannya secara ringkas dan sederhana.

  -Stabilitas Oprasi
            Operating system (OS) atau yang sering di sebut sistem operasi adalah sekumpulan perintah dasar yang berperan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer .Sekarang ini banyak sekali macam-macam sistem operasi di pasaran baik yang asli ataupun yang bajakan.Ada beberapa sistem operasi yang biasa kita jumpai di pasaran diantranya Windows,Unix,Linux Dan masih banyak lagi yang lainya.Dari sekian banyak sistem operasi Yang beredar,sistem operasi milik perusahaan microsoft lah yang paling populer untuk para pengguna pc notebook,bahkan ponsel dan PDA sekalipun Dengan sistem operasi berbasis mobilenya .

 -Penetapan Harga
            Penetapan harga adalah Menetapkan harga suatu barang. Apabila nilai harga barang itu terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh oleh penjual. Penentuan harga juga memiliki beberapa tujuan dan pendekatan dalam penentuan harga, pendekatan tersebut ada 3 macam. Yaitu : pendekatan supply dan demand, pendekatan yang berorientasi ke biaya, dan pendekatan pasar. Selain itu penentuan harga juga memiliki strategi-strategi tertentu.



-Kondisi Manufaktur
            Manufaktur adalah proses keindustrian untuk membuat suatu barang dari suatu bahan baku melalui proses teknologi.
 -Saldo
            bank saldo rekening giro di bank; -- debit sisa perkiraan yg timbul krn jumlah debit lebih besar dp jumlah kredit; -- imbangan Ek sejumlah saldo rekening simpanan yg harus dipelihara debitor pd bank pemberi kredit sbg imbangan minimum thd pemakai kredit tsb -- kredit sisa perkiraan yg timbul krn jumlah kredit lebih besar dp jumlah debit

2. . Anggaran Operasi
      Anggaran operasi digunakan untuk merencanakan kebutuhan sehari-hari dalam menjalankan pemerintah. Pengeluaran pemerintah yang dapat dikategorikan dalam anggaran operasional adalah "belanja rutin".
  

      Anggaran Kas
        Anggaran ini berisi mengenai taksiran sumber dan penggunaan kas selama periode anggaran. Anggaran ini disusun dari Anggaran Operasi dan Anggaran Pengeluaran Modal, dan digunakan sebagai dasar penyusunan Anggaran Neraca.
      ◦ Anggaran Program
        Anggaran program yaitu anggaran operasi yang disusun berdasarkan program-program utama perusahaan yang berupa jenis atau keluarga produk (misal program penelitian dan pengembangan).
      ◦ Anggaran Perubahan Modal
        Yaitu memuat mengenai rencana perubahan aktiva, utang dan modal perusahaan selama periode anggaran. Anggaran ini disusun dari anggaran Neraca.
      ◦ Anggaran Incremental
        Anggaran Incremental khusus mengawasi dan meneliti peningkatan atas suatu budget dalam rupiah.
    
 ◦ Anggaran Add-on
        Anggaran Add-on adalah budget yang dipergunakan sebagai tambahan atas suatu budget yang telah berjalan dimana budget utamanya dianggap sudah tidak valid lagi untuk siatuasi dan kondisi saat ini.
      ◦Anggaran Suplemental
Anggaran Suplemental dimaksudkan untuk penambahan dana atas wilayah (area) operasional tertentu, akan tetapi anggaran suplemental tidak ditambahkan pada suatu budget yang telah ada (budget utama).
      ◦Anggaran Stretch
        Anggaran Stretch bisa dikatakan istilah yang dipakai untuk mengoptimiskan istilah contingency budget. Anggaran  jenis ini biasanya typically dipergunakan untuk area sales and marketing. Adalah jamak dalam dunia marketing untuk memompa optimistis, dengan menempatkan target yang jauh diatas realisasi yang pernah terjadi sebelumnya.
      ◦Anggaran Strategi
Anggaran Strategi mengintegrasikan “strategic planning” dan “budgeting control”. Anggaran ini biasanya efektif untuk kondisi ketidakpastian atau ketidak setabilan saja.

       ◦ Anggaran Aktivitas
         Anggaran Aktivitas  menganggarkan costs untuk aktifitas secara sendiri-sendiri.
     
       ◦ Anggaran Target
         Target budget lebih tepat merupakan “planning” untuk meng-kategorisasi-kan pengeluaran utama untuk di sandingkan dengan goal perusahaan, berfocus pada formulaisasi metode atas pendanaan suatu project untuk membawa perusahaan melangkah lebih kedepan lagi.



0 komentar:

Posting Komentar