Jam saat ini

Facebook Twitter RSS
 

Rabu, 30 Mei 2012

Tugas Kewirausahaan 1



Nama  : Akbar.wibowo
NPM : 40210473
Kelas  : 2DA03

KEWIRAUSAHAAN


1. Apa inti dan karateristik Wirausaha ?
    Jawab :
Wirausaha pada umumnya dapat dilihat dari kepribadian seseorang untuk berkomunikasi atau menjalin suatu hubungan yang baik dengan para pebisnis lain sehingga tercipta ruang untuk memperkenalkan produk yang kita ingin perjual belikan. karakteristik wirausaha dapat dilihat dari sikap yang dimiliki wirausahawan diantaranya seperti percaya diri, berorientasi pada tugas, berani menanggung resiko, kepemimpinan, kretivitas, berorientasi pada masa depan dan masih banyak lainnya.

2. Bagaimana mengidentifikasikan potensi Wirausaha?
    Jawab :
Potensi wirausaha dapat dilihat dari sekitar lingkungan yang akan dibuat menjadi pasar dari produk kita. Seperti contoh pada lingkungan sekolah kita dapat menjual keperluan yang dibutuhkan dalam kegiatan sekolah seperti seragam sekolah, buku tulis, pensil, pulpen, dan sebagainya. sehingga kita dapat menjual kreasi kita dengan mempromosikan produk yang menarik dan bermanfaat bagi masyarakat umum.

3. Mengapa disiplin ilmu kewirausahaan dapat diajarkan sebagai suatu disiplin ilmu yang independen?
    Jawab :
Untuk menjadi entrepeneur, kita harus mengenal potensi (traits) dan belajar mengembangkan potensi untuk menangkap peluang serta mengorganisir usaha dalam mewujudkan cita-citanya. Karena disiplin ilmu kewirausahaan mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya.

4. Jelaskan hal-hal yang menjadi obyek studi kewirausahaan?
    Jawab :
Obyek studi kewirausahaan berisi dari nilai-nilai dan kemampuan seseorang yang diwujudkan dalam bentuk perilaku. seperti kemampuan merumuskan tujuan hidup atau usaha, memotivasi diri untuk melahirkan suatu tekad, untuk berinisiatif, menciptakan kreativitas, untuk membentuk modal uang atau barang modal, untuk ketepatan waktu dalam bekerja, mental yang dilandasi dengan agama, dan untuk membiasakan diri dalam mengambil hikmah dari pengalaman.

5. Apakah yang dimaksud dengan hakikat dari kewirausahaan?
    Jawab :
Yaitu merupakan sifat, ciri atau watak pada diri seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif. hakikat merupakan sesuatu yang harus dimilki pada setiap entrepeneur sehingga dapat mengembangkan ide yang ingin dibuat atau disampaikan ke kalangan masyarakat (konsumen).

6. Jelaska padanya berbagai ahli mengenai disiplin kewirausahaan?
    Jawab :
Seperti yang disampaikan pada Thomas W. Zimmerer (1996) bahwa kewirausahaan adalah hasil dari
suatu disiplin, proses sistematis penerapan kreativitas dan inovafatif dalam memenuhi kebutuhan dan peluang di pasar.

0 komentar:

Posting Komentar